Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI SUKADANA

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI SUKADANA

Jl. Sampurna Jaya No. 1 Sukadana - Lampung Timur

Email: pnsukadana54@gmai.com Telp/Fax: (0725)625072


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Saya ACHMAD IRFIR ROCHMAN, S.H.,MH. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Sukadana Kab. Lampung Timur mengucapkan selamat datang di Website Resmi Pengadilan Negeri Sukadana. Alhamdulillah seiring dengan era keterbukaan informasi publik bahwa proses peradilan yang transparan merupakan salah satu syarat mewujudkan keterbukaan dan akuntablitas penyelenggaraan peradilan, menindaklanjuti surat Keputusan dari Ketua Mahkamah Agung Nomor No. 1-144/KMA/SK/I/2011, tanggal 5 Januari 2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan, maka kini Pengadilan Negeri Sukadana Kab. Lampung TImur mulai terus berupaya untuk memenuhi harapan masyarakat untuk dapat memperoleh layanan informasi secara langsung tentang penyelenggaraan peradilan di Pengadilan Negeri Sukadana.

Wasallaamuallaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh.

KETUA PENGADILAN NEGERI SUKADANA

Pengadilan Negeri Sukadana adalah Pengadilan Tingkat Pertama yang berada di wilayah Hukum Lampung Timur. Kami siap memberikan pelayanan pada para pencari keadilan dengan Baik, Benar, Transparan dan Tidak berpihak.

Beberapa layanan kami dapat digunakan sebagai media informasi mengenai kegiatan seputar Pengadilan Negeri Sukadana, Jadwal Sidang, Pendaftaran Perkara, Lacak Perkara yang terdaftar di Pengadilan Negeri Sukadana.

Selamat Datang di Pengadilan Negeri Sukadana

Bebas Biaya Perkara Untuk Masyarakat Yang Tidak Mampu

POSBAKUM

INFORMASI TILANG : Berdasarkan PERMA 12 Tahun 2016, Klik Tombol disamping untuk Info Tilang


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


  • Berita Terbaru Badilum

  • Rabu, 23 Mei 2018
    ASSESMENT OLEH TIM DITJEN BADILUM KE PN JAYAPURA

    Rabu, 23 Mei 2018, Tim dari Ditjen Badilum melakukan Assesment ke Pengadilan Negeri Jayapura . Kegiatan ini dimulai dengan Opening Meeting yang dipimpin oleh Bapak Wahyudin selaku ketua Tim Assesment pada PN Jayapura. Setelah Opening Meeting kegiatan Assesment dilanjutkan dengan mengaudit Top Manager, Manager Representative, Document Control dan Internal Auditor. Lalu kemudian Tim Assesment beralih ke bagian Kepaniteraan, setelah itu berlanjut ke bagian Kesekretariatan. Selanjutnya meninjau berbagai aspek sesuai pekerjaan masing-masing bagian, seperti: SOP, kelengkapan berkas, Sarana dan Prasarana, sampai dengan kebersihan. Setiap ruangan dan fasilitas yang ada di Pengadilan Negeri Jayapura juga dinilai kesesuaiannya.

  • Rabu, 23 Mei 2018
    AUDIT SURVEILANCE 1 TIM AKREDITASI DITJEN BADILUM KE PT JAYAPURA

    Selasa, 22 Mei 2018, Tim Surveillance  Ditjen Badilum berkunjung ke Pengadilan Tinggi Jayapura dalam rangka Audit Surveillance yang pertama. Surveillance ini sebagai tindak lanjut dari Audit sebelumnya yang dilakukan oleh Tim Akreditasi dari Ditjen Badilum 

    Opening meeting dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2018 di ruang sidang utama . Opening Meeting Dipimpin langsung oleh Bapak Wahyudin selaku ketua Tim Assesment pada PT Jayapura. Selanjutnya Penilaian dan Pengawasan dimulai dari mengaudit Top Manager, Manager Representative, Document Control dan Internal Auditor. Lalu kemudian Tim Assesment beralih ke bagian Kepaniteraan, setelah itu berlanjut ke bagian Kesekretariatan. Selanjutnya meninjau berbagai aspek kesesuaian pekerjaan masing-masing bagian, seperti: SOP, kelengkapan berkas, Sarana dan Prasarana, sampai dengan kebersihan. Setiap ruangan dan fasilitas yang ada di Pengadilan Tinggi Jayapura juga dinilai kesesuaiannya. 

    Setelah selesai melakukan Audit Surveilance di Pengadilan Tinggi Jayapura, kegiatan ini ditutup. Dan berdasarkan hasil pemeriksaan dari Assesor terdapat beberapa temuan yang bersifat minor dan beberapa observasi yang harus segera ditindak lanjuti agar dapat mempertahankan atau meningkatkan nilai akreditasi sebelumnya.

  • Selasa, 22 Mei 2018
    PEMBINAAN DIRJEN BADILUM DAN DIREKTUR BINGANIS DI PN SEKAYU

    Pada tanggal 22 Mei 2018, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan melakukan pembinaan di PN Sekayu, Sumatra Selatan. Acara ini dihadiri oleh KPT dan WKP Palembang, Hakim Tinggi PT Palembang, Panitera PT Palembang dan KPN se-Sumatera Selatan. 

      

  • Selasa, 22 Mei 2018
    PERESMIAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) PENGADILAN NEGERI SE-SUMATERA SELATAN

    Pada hari Selasa, tanggal 22 Mei 2018, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum meresmikan  Pelayanan Terpadu Satu Pintu

  • Senin, 21 Mei 2018
    UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-110 TAHUN 2018

    Pada hari Senin tanggal 21 Mei 2018 pukul 08.30 WIB, Mahkamah Agung RI melaksanakan Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 Tahun 2018. Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Sekretaris Mahkamah Agung RI yang dalam kesempatan ini membacakan Sambutan Menteri Komunikasi Dan Informatika RI sebagai berikut:

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Selamat pagi dan salam sejahtera,

    Om Swastiastu,

    Namo Buddhaya,

    Salam kebajikan,

    Saudari-saudara peserta upacara yang saya hormati,

    Ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama: kemerdekaan bangsa.

    Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang mahakuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

    Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Presiden Pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan Hari  Kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa: "Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu 'idee', satu naluri pokok daripada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan.

    Para pendahulu yang berkumpul dalam organisasi-organisasi seperti Boedi Oetamo itu memberikan yang terbaik bagi terbentuknya bangsa melalui organisasi. Bukan pertama-tama dengan memberikan harta atau senjata, melainkan dengan komitmen sepenuh jiwa raga. Dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, mereka terus menghidup-hidupi api nasionalisme dalam diri masing-masing.

    Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

    Kalau sekarang bangsa ini punya hampir segala yang dibutuhkan, seharusnya kita  terinspirasi bahwa dengan kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun, kita telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak berkekurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia.

    Saudari-saudara sebangsa dan setanah-air,

    Butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat

    Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas